olimpiade beijing

Olimpiade Musim Panas 2008, secara resmi dikenal sebagai Games of the XXIX Olympiad (Pertandingan Olimpiade ke-29), diadakan di Beijing, Republik Rakyat Cina dari 8 Agustus hingga 24 Agustus 2008, dengan acara pembukaan yang diadakan pada pukul 08:08:08 (8 malam lewat 8 menit dan 8 detik – angka 8 diasosiasikan dengan kemakmuran dalam kebudayaan Tionghoa). Beberapa pertandingan, termasuk sepak bola, layar, dan berkuda akan diadakan di kota-kota Cina lainnya. Dengan dilaksanakannya pertandingan berkuda di Hong Kong, ini menandakan kedua kalinya Olimpiade edisi yang sama dituan-rumahi oleh dua Komite Olimpiade Nasional.

Logo resmi pertandingan, berjudul “Beijing Menari”, dibentuk berdasarkan karakter kaligrafi “jing”, merujuk kepada kota tuan rumah Beijing. Maskot Beijing 2008 adalah lima Fuwa (Hanzi: 福娃; Pinyin: Fúwá; secara harafiah bermakna “boneka-boneka keberuntungan”), masing-masing menggambarkan satu warna pada cincin Olimpiade. Moto Olimpiade 2008 adalah “Satu Dunia, Satu Impian”. Olimpiade Beijing akan terdiri atas 302 pertandingan dari 28 cabang olahraga, hanya satu pertandingan lebih banyak daripada Olimpiade Athena 2004.

Beijing terpilih sebagai kota tuan rumah pada 13 Juli 2001, pada Sidang IOC ke-112 di Moskwa, mengalahkan Toronto, Paris, Istanbul dan Osaka. Menjelang sidang, lima kota lain juga mengajukan penawaran kepada IOC tetapi gagal dalam membuat shortlist (dalam kasus ini, gagal dipilih atau memenuhi kuota dari seluruh peserta Sidang IOC yang hadir) pada tahun 2000 (Bangkok, Kairo, Havana, Kuala Lumpur dan Sevilla). Setelah putaran pertama pemilihan suara, Beijing memiliki suara yang signifikan dibandingkan empat calon lainnya.

Proses pemilihan tuan rumah

Hasil Perhitungan Suara Olimpiade Musim Panas 2008
Kota Putaran 1 Putaran 2
Beijing 44 56
Toronto 20 22
Paris 15 18
Istanbul 17 9
Osaka 6

Setelah memenangkan pencalonan, Li Lanqing, wakil perdana menteri RRC, mendeklarasikan “Kemenangan pencalonan Olimpiade 2008 adalah sebuah contoh pengakuan internasional atas kestabilan sosial, progres ekonomi dan sehatnya hidup rakyat Cina. Beijing sebelumnya mengajukan penawaran untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2000 tetapi dikalahkan Sydney pada tahun 1993 pada penawaran final.

Daftar olahraga

Daftar cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade Beijing 2008 beserta jumlah pertandingan untuk setiap cabang olahraga (diindikasikan di dalam kurung).

~ oleh kevinleonard pada Agustus 15, 2008.

Tinggalkan komentar